| 0 comments ]

Sebagaimana sudah kami sampaikan bahwa jadwal pengumuman hasil Snmptn 2013 dimajukan sehari. Dari rencana diumumkan Selasa 28 Mei, maju menjadi Senin 27 Mei hari ini. Peserta Snmptn 2013 jalur undangan bisa melihat pengumuman melalui internet besok sekitar pukul 16:00 WIB sedangkan di media massa / media cetak besok hari Selasa.

Calon peserta yang diterima pada SNMPTN 2013 Jalur Ujian Tertulis diharuskan untuk segera melihat persyaratan pendaftaran ulang mahasiswa baru di laman masing-masing PTN.

Para peserta Snmptn 2013 mulai bisa membuka Pengumuman SNMPTN 2013 pada hari ini tanggal 27 Mei 2013 jam 16:00 WIB di alamat resmi panitia.

Berikut kami sampaikan bagaimana caranya melihat hasil pengumuman Snmptn 2013 jalur undangan.

Pertama-tama silakan buka laman http://www.snmptn.ac.id/hasil-seleksi
Nantinya para peserta Snmptn biasanya akan menemukan form untuk diisi yaitu:

Contoh Form - Hasil Seleksi SNMPTN 2013


Masukkan Nomor Pendaftaran SNMPTN dan Tanggal Lahir






Tampilan di laman hasil Snmptn tersebut seperti di bawah ini:





Petunjuk penting:

- Pastikan bahwa Nomor Peserta dan Tanggal Lahir yang anda masukkan sudah benar,
- Apabila ada hal-hal yang kurang jelas tentang pengumuman hasil SNMPTN 2013 ini, anda dapat menghubungi Help Desk SNMPTN 2013 di alamat http://halo.snmptn.ac.id

Begitulah kami jelaskan cara membuka pengumuman Snmptn 2013.

Calon peserta yang diterima pada SNMPTN 2012 Jalur Ujian Tertulis diharuskan untuk segera melihat persyaratan pendaftaran ulang mahasiswa baru di laman masing-masing PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Selanjutnya ada beberapa hal yang harus dipahami oleh para peserta Snmptn yang lulus, diantaranya :

Pertama, calon mahasiswa yang mendapatkan pilihan kedua di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebaiknya jangan mendaftar di seleksi bersama.

Ketua Panitia SNMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan, panitia memang tidak dapat melarang apabila ada siswa yang mendaftar di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun hal ini tidak dianjurkan apabila ada siswa yang sudah diterima di pilihan kedua SNMPTN.

Prof. Akhmaloka menjelaskan, apabila mereka kembali mendaftar di SBMPTN maka statusnya yang diterima di pilihan kedua SNMPTN akan dicabut. Maka jika siswa tersebut nanti tidak juga diterima di SBMPTN siswa tidak dapat menuntut masuk di pilihan keduanya kembali.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menjelaskan, permasalahan yang terjadi di SNMPTN tahun sebelumnya ialah banyak siswa sudah kadung menjatuhkan hati di pilihan pertama. Makanya mereka pun masih ingin mengikuti SBMPTN untuk mengejar pilihan pertamanya itu. Namun sangat disayangkan jika mereka menolak pilihan kedua karena mereka sudah diundang masuk PTN yang dilihat dari prestasi dan nilai rapor.

Anjuran ini juga disampaikan panitia karena peserta SBMPTN sangat banyak. Tidak hanya lulusan tahun ini yang mendaftar namun juga alumni 2011 dan 2012 masih bisa mengikuti SBMPTN. Selain itu, lulusan Paket C (IPA dan IPS) serta Lulusan Paket C Kejuruan juga dapat mengikuti seleksi melalui jalur SBMPTN. SBMPTN adalah penggantinya SNMPTN jalur tulis. Bisa dikatakan ini rajanya seleksi. Persaingan akan semakin ketat.

Kedua, peserta yang sudah berstatus lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 dinyatakan gugur jika tidak lulus ujian nasional (UN). Hal ini sesuai dengan persyaratan pendaftaran yang bisa dibaca di laman resmi Snmptn 2013 yaitu Laman sbmptn.or.id.

Semoga Panduan Cara Melihat Pengumuman Hasil Snmptn 2013 bermanfaat, dan semoga para peserta Snmptn bisa sukses! Amin!





0 comments

Post a Comment