| 0 comments ]

Kopertis atau Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta dulu bernama LPTS atau Lembaga Perguruan Tinggi Swasta bertugas membantu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Daerah. Lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk melakukan pembinaan kepada perturuan tinggi swasta di wilayah kerjanya di Indonesia dibagi menjadi 12 wilayah yang mencakup 34 provinsi, termasuk di Kalimantan Utara yang baru dibentuk.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. H. Mohammad Nuh, DEA sekitar tanggal 4 Oktober 2013 melantik tiga Sekretaris Pelaksana Kopertis dan tiga pejabat eselon 2 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Dalam sambutannya Mendikbud mengatakan, jabatan eselon 2 memiliki profesi yang sangat khusus, dan profesionalitas pejabatnya diharapkan bisa membantu kinerja Kemdikbud. Sedangkan untuk para Sekretaris Pelaksana Kopertis, Mendikbud mengingatkan bahwa Kopertis merupakan perpanjangan tangan Kemdikbud di daerah.

"Perguruan tinggi swasta itu, jadikan sebagai keluarga besar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka telah membantu usaha-usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan layanan, khususnya di bidang pendidikan tinggi," ujar Mendikbud dalam acara pelantikan pejabat di Grha Utama Kemdikbud, Jakarta.

Mendikbud menegaskan, tidak boleh ada pandangan diskriminatif antara perguruan tinggi negeri dengan perguruan tinggi swasta. Karena itu ia berharap Kopertis dapat memberikan layanan yang baik kepada perguruan tinggi swasta. "Jangan sampai kehadiran kita tidak bisa dirasakan manfaatnya atau menjadi beban bagi perguruan tinggi swasta," tuturnya.

Layanan yang dapat diberikan Kopertis tersebut, lanjut Mendikbud, dibagi menjadi tiga jenis, yaitu layanan yang sifatnya administratif, layanan pendampingan dan pembinaan, dan layanan berupa pengendalian mutu perguruan tinggi swasta. "Kalau kita mengetahui perguruan tinggi swasta tertentu di daerah tertentu kinerjanya kurang bagus, maka segera kopertis turun tangan untuk memberikan pendampingan dan pembinaan," katanya.

Pejabat eselon 2 dan Sekretaris Pelaksana Kopertis yang dilantik Mendikbud adalah R. Ella Yulaelawati Rumindasari sebagai Sekretaris Ditjen PAUDNI, Endang Caturwati sebagai Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Ditjen Kebudayaan, Karyaningsih sebagai Inspektur 1 Itjen Kemdikbud, Slamet Sholeh sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VIII (Denpasar) Periode Tahun 2013-2017, Hanafi sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X (Padang) Periode Tahun 2013-2017, dan Muntaha sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah XI Periode 2013-2017. Lingkup tugasnya Wilayah XI berkedudukan Banjarmasin, dimana wilayah kerjanya meliputi provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Sumber : Kemdikbud

0 comments

Post a Comment